My Anniversary tickers

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers
Lilypie First Birthday tickers

Oct 6, 2011

Pre-eclampsia...





Amende tu? Ha... uolsss... pena dga x psl mummy2 yg titibe naik berat bdn brlebihan mse preggy? kaki bengkak, muke bengkak... mungkin ade sesetengah mummy... bende2 nie seme x jd pape.. tp mngkin bg sesetengahnye... AWAS.. anda dlm bahaye... jom bace psl penyakit nie.. yg aku google td...  

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Pre-eclampsia adalah penyakit yang menyerang saat hamil dan dapat mengancam kesehatan ibu dan janinnya. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan tekanan darah serta terdapatnya protein dalam urin. Biasanya pre-eclampsia akan muncul setelah minggu ke-20 masa kehamilan, pada akhir trimester ke dua atau trimester ke tiga, dan hanya akan terdeteksi melalui pemeriksaan kehamilan yang teratur. Pre-eclampsia dapat menjadi sangat serius dan mengancam nyawa sang ibu atau pun janin bila tidak terpantau.



Siapa yang berisiko?
Tidak ada penyebab pasti dari pre-eclampsia, namun terdapat beberapa kondisi yang membuat sang ibu lebih berisiko. Wanita yang pertama kali hamil pada usia lebih dari 40 tahun, memiliki indeks massa tubuh yang lebih dari 35 (kegemukan), riwayat keluarga, jarak 10 tahun atau lebih setelah kelahiran anak terakhir. Penderita tekanan darah tinggi dan diabetes cenderung berisiko untuk terkena pre-eclampsia.


Gejalanya?
Gejala yang biasanya ditunjukkan antara lain, kenaikan tekanan darah, terdapatnya kadar protein dalam urin, pembengkakan pada pergelangan kaki, tangan atau wajah, dan terkadang pertumbuhan janin yang kurang. Wanita hamil memang biasa mengalami pembengkakan kaki, oleh karena itu beritahu adanya pembengkakan begitu Anda mengalaminya, karena pre-eclampsia hanya bisa diketahui dengan pemeriksaan tekanan darah atau urin.

Pengubatan?
Pengubatan bertujuan untuk menurunkan tekanan darah, aitu dengan bed rest dan ubat-ubatan. Namun yang terpenting adalah, pemantauan oleh dokter tentang kandungan anda. Satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah melahirkan bayi, biasanya melalui kelahiran caesar.

Tips
# Belajar bagaimana menyadari gejala-gejala pre-eclampsia.
# Jangan lewatkan pemeriksaan rutin.
# Melaporkan masalah kehamilan yang muncul.
# Jika Anda diberitahukan mengalami pre-eclampsia dan disarankan untuk istirahat, anggap ini sebagai hal yang sangat serius.

Muah
-Ain Laily-


No comments:

Post a Comment